Kristen Mengatakan Ka'bah dan Hajar Aswad adalah Berhala

Sudah menjadi perkara yang biasa bila kristen senang menuduh dan menfitnah Islam bahwa Ka'bah dan Hajar Aswad adalah berhala yang dise...

Sudah menjadi perkara yang biasa bila kristen senang menuduh dan menfitnah Islam bahwa Ka'bah dan Hajar Aswad adalah berhala yang disembah oleh umat Islam. seperti yang tertera dalam sebuah status bergambar di bawah ini:


Tuduhan di atas jelas sangat keliru apalagi menyatakan bahwa Hajar Aswad adalah Allah.
 Sebenarnya justru umat Islamlah yang mengamalkan ajaran yang lurus sesuai yang diajarkan para Nabi yang tertulis sendiri oleh Alkitab di perjanjian lama. hanya saja karena Kristen tidak lagi mengindahkan ajaran para Nabi di perjanjian Lama membuat Kristen sedikit sekali yang tahu ajaran yang sesungguhnya dalam beribadah adalah shalat, sujud menghadap Kiblat / Bait Allah, bait Suci yang dipraktekan oleh Yesus, dan para nabi sebleumnya.

Ajaran-ajaran ini termaktub dalam Alkitab

Mazmur 138:2

Aku hendak sujud ke arah bait-Mu n yang kudus dan memuji nama-Mu, oleh karena kasih-Mu dan oleh karena setia-Mu; sebab Kaubuat nama-Mu dan janji-Mu melebihi segala sesuatu.


di ayat ini disebutkan Nabi mengamalkan sujud (shalat) menghadap Bait Allah yang kudus, di sana pula ia memuji nama Allah. 

sama seperti halnya umat Islam berada di hadapan Ka'bah (bait Allah / Bait Suci) yang memuji nama Allah di hadapannya.

Ezr 10:1
Sementara Ezra berdoa dan mengaku dosa, sambil menangis dengan bersujud di depan rumah Allah, berhimpunlah kepadanya jemaah orang Israel yang sangat besar jumlahnya, laki-laki, perempuan dan anak-anak. Orang-orang itu menangis keras-keras.

di sini nabi Ezra pun bersujud didepan rumah Allah (bait Allah) mereka pun menangis dengan keras.

Kejadian 31:13 Akulah Allah yang di Betelitu, di mana engkau mengurapi tugu, dan di mana engkau bernazar kepada-Ku; maka sekarang, bersiaplah engkau, pergilah dari negeri ini dan pulanglah ke negeri sanak saudaramu."
Kejadian 28:18 Keesokan harinya pagi-pagi Yakub mengambil batu yang dipakainya sebagai alas kepala dan mendirikan itu menjadi tugu dan menuang minyak ke atasnya.
Kejadian 28:22 Dan batu yang kudirikan sebagai tugu ini akan menjadi rumah Allah. Dari segala sesuatu yang Engkau berikan kepadaku akan selalu kupersembahkan sepersepuluh kepada-Mu."
Kejadian 31:45 Kemudian Yakub mengambil sebuah batu dan didirikannya menjadi tugu.
Kejadian 31:51 Selanjutnya kata Laban kepada Yakub: "Inilah timbunan batu, dan inilah tugu yang kudirikan antara aku dan engkau--

ayat di atas malah lebih mempertegas bahwa Tugu Bait Allah yang diminyaki dengan minyak wangi, diurapi, dimana manusia bernazar kepadanya, mempersembahkan sepersepuluh semakin memperjelas bahwa Ka'bah dan hajar Aswad bukanlah berhala melainkan ajaran yang benar dan merupakan Ibadah yang diajarkan dan diperintahkan Allah. Namun sayangnya Kristen tidak pernah memperhatikan hal tersebut.
Selain menolak keberadaan Ka'bah Kristen juga menolak soal Kota Mekah yang merupakan tempat bait Allah yang telah diberitakan akan menjadi tempat perpidahan Kiblat setelah Yerusalem dan gunung Samaria.

Kata Yesus kepadanya: ’Percayalah kepada-Ku, hai perempuan, saatnya akan tiba, bahwa kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem.” Yohanes 4:21

Ungkapan Yesus di atas menandakan bahwa Bait Suci / bait Allah yang semulanya di Yerusalem dan Gunung Samaria akan berpindah tempat, tidak lagi berada di sana. Akan berpindah di tempat lain yang dikehendaki Allah.

dan Bait Allah yaang kemudian menjadi Tempat perpindahan Kiblat adalah Ka'bah di kota Mekah. Tentu hal ini tidak dapat diterima pihak Kristen apalagi kalangan Yahudi. Namun hal ini tidaklah mengherankan bila kita membaca Nubuatan di perjanjian Lama.

Di dalam Kitab perjanjian Lama terdapat nama tempat yang juga terdapat bait Allah di sana. Kristen dan Yahudi menolak Baka disana adalah Bakah (Kota Mekah). mereka bisa saja menolak hal tersebut dan mengatakan bahwa Baka di Alkitab merujuk ke sebuah tempat yang bernama lembah Baka di Libanon. Namun Alkitab menceritakan secara jelas seperti apa Baka yang dimaksud.


 Untuk lebih jelasnya, mari kita perhatikan, Mazmur Pasal 84, ayat 1-7, berikut :

1. Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Gitit. Mazmur bani Korah.
2. Betapa disenangi tempat kediaman-Mu, ya Tuhan semesta alam!
3. Jiwaku hancur karena merindukan pelataran-pelataran Tuhan; hatiku dan dagingku bersorak-sorai kepada Allah yang hidup.
4. Bahkan burung pipit telah mendapat sebuah rumah, dan burung layang-layang sebuah sarang, tempat menaruh anak-anaknya, pada mezbah-mezbah-Mu, ya Tuhan semesta alam, ya Rajaku dan Allahku!
5. Berbahagialah orang-orang yang diam di rumah-Mu, yang terus-menerus memuji-muji Engkau. Sela
6. Berbahagialah manusia yang kekuatannya di dalam Engkau, yang berhasrat mengadakan ziarah!
7. Apabila melintasi lembah Baka, membuatnya menjadi tempat yang bermata air; bahkan hujan pada awal musim menyelubunginya dengan berkat.

Analisa Mazmur 84 :
1. Yang dibicarakan didalam Mazmur 84, adalah sebuah tempat ziarah bagi umat manusia, sebagaimana tertulis :
“Berbahagialah orang-orang yang diam di rumah-Mu, yang terus-menerus memuji-muji Engkau. Sela. Berbahagialah manusia yang kekuatannya di dalam Engkau, yang berhasrat mengadakan ziarah!” (Mazmur 84:5-6)
Dengan demikian kata Baka, lebih tepat dipersamakan dengan Bakkah (Makkah) yang merupakan tempat ziarah. Sementara Lembah Biqa di Lebanon, sampai detik ini belum kita dengar pernah menjadi tempat ziarah, yang didatangi oleh umat manusia, dari segenap penjuru dunia.
2. Dalam kitab Mazmur 84:3, Raja Daud merasa jiwanya terasa jauh karena merindukan pelataran Tuhan. Berikut ini adalah kalimat puitisnya :
“My soul longeth, yea, even fainteth for the courts of the LORD: my heart and my flesh crieth out for the living God.” (Teks KJV Bible)
(Jiwaku hancur, yea, karena merindukan pelataran-pelataran Tuhan; hatiku dan dagingku bersorak-sorai kepada Allah yang hidup.)
Raja Daud mengatakan hal tersebut di Yerusalem. Nampak dalam perkataannya bahwa ia sangat merindukan untuk pergi ke bait Allah di Baka/Bakkah/Makkah, daerah yang jauh dari Yerusalem.
Jadi bukan Lembah Biqa, yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Yerusalem.
3. The Jewish Encylopedia menyatakan bahwa Baka dalam Mazmur 84 adalah daerah tandus yang kekurangan air dibandingkan lembah-lembah yang lain.
Dalam bahasa Ibrani, Baka artinya lembah menangis (crying valley atau valley of weeping) dan pohon kertau/pohon balsam (balsam tree).
Kota suci Makkah (Mekah) pada mulanya bernama Baka atau Bakkah. Dalam bahasa Arab, kata baka mempunyai dua arti, “berderai air mata” dan “pohon balsam“.
Arti yang pertama berhubungan dengan gersangnya daerah itu sehingga seakan-akan tidak memberikan harapan, dan arti yang kedua berhubungan dengan banyaknya pohon balsam (genus commiphora) yang tumbuh di sana.
Karena kota Mekah sangat gersang, orang-orang Quraisy penghuni kota itu tidak mungkin hidup dari sektor agraris (pertanian), melainkan harus mengembangkan sektorbisnis (perdagangan).
Dibandingkan suku-suku lain di Semenanjung Arabia, suku Quraisy memiliki watak istimewa, tahan segala cuaca! Mereka memiliki tradisi (ilaf) gemar mengembara baik di musim dingin maupun di musim panas untuk berniaga.” (Sumber : answering-ff.org )
Sementara Lembah Biqa di Lebanon sendiri bisa dikatakan cukup air dan tidak segersang Arabia.
4. Dalam Bahasa Ibrani : Baka’ adalah turunan dari kata Bakah
Baka’ adalah turunan dari kata Bakah (lihat Nomor Strong 01056 dan 01058).

No. Strong: 01058
Kata : bakah, Pengucapan: baw-kaw’
Asal Kata : a primitive root Sumber : TWOT-243, Jenis : v

Definisi Inggris:
1) to weep, bewail, cry, shed tears

1a) (Qal)
1a1) to weep (in grief, humiliation, or joy)
1a2) to weep bitterly (with cognate acc.)
1a3) to weep upon (embrace and weep)
1a4) to bewail

1b) (Piel) participle
1b1) lamenting
1b2) bewailing
Kesimpulannya :

- “Baka” adalah turunan dari akar kata “Bakah“.
- Al-Qur’an menyebut lembah Bakkah.
- Jadi Baka atau Bakah (dalam bahasa Ibrani) dibandingkan Bakkah (dalam al-Qur’an)terdapat kemiripan dari segi linguistik.
- Oleh karena huruf mim dan ba sama-sama huruf bilabial (bibir), nama Bakkah lama-kelamaan berubah menjadi Makkah.
“Sesungguhnya Bait yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadat) manusia, ialah Baitullah (Bait Allah) yang di Bakkah (Makkah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi seluruh alam” (QS Ali ‘Imran (3) ayat 96).
berdasarkan penjelasan di atas dapatlah disimpulkan bahwa:

- Ka'bah dan Hajar Aswad Bukanlah Berhala
- Dengan umat Islam shalat, sujud menghadap Ka'bah dan Hajar Aswad dan memuji Allah di hadapannya menunjukan bahwa Umat Islam mengamalkan ajaran para Nabi terdahulu yang juga disebutkan oleh Alkitab.
- Kota Mekah adalah kota yang menjadi kiblat / bait Suci yang dinubuatkan akan berpindah oleh Yesus, yang juga sudah dinubuatkan oleh Kitab perjanjan Lama.

COMMENTS

BLOGGER: 3
Loading...
Name

Aksi Bela Islam,1,Al-Qur'an,15,Alkitab,15,Allah,3,Baka,1,Berita,3,Buktidansaksi.com,1,Dialog,22,Facebook,6,Fir'aun,1,Hijab,1,Ibadah,1,IsadanAlfatihah.com,1,IsadanAlquran.com,7,Isadanislam.com,4,Islam Menjawab,77,Ismael,1,Kristologi,42,Mekah,1,Muallaf,16,Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi Wa sallam,6,Natal,1,News,8,Paulus,4,Perbudakan,1,Safiyyah,1,Saulus,1,Sejarah,5,Twitter,1,Wanita,1,Yesus,9,
ltr
item
Dialog Damai Islam Kristen: Kristen Mengatakan Ka'bah dan Hajar Aswad adalah Berhala
Kristen Mengatakan Ka'bah dan Hajar Aswad adalah Berhala
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg6Qz57Bx8gVdu1Y2lMLdOY8pJjszuRvs9IL2q89vIHzjstpaS5fZIFmqn9fxaRzxuSR1hLIeh6OIleeJStr_7N6Vt6gD1gkPFgSsS2OdRa7Bn0VHBEtjQernkWo95QHHydTdrHJVGabbs/s1600/danan+jaya.PNG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg6Qz57Bx8gVdu1Y2lMLdOY8pJjszuRvs9IL2q89vIHzjstpaS5fZIFmqn9fxaRzxuSR1hLIeh6OIleeJStr_7N6Vt6gD1gkPFgSsS2OdRa7Bn0VHBEtjQernkWo95QHHydTdrHJVGabbs/s72-c/danan+jaya.PNG
Dialog Damai Islam Kristen
http://dialog-islamkristen.blogspot.com/2015/03/kabah-hajar-aswad-adalah-berhala.html
http://dialog-islamkristen.blogspot.com/
http://dialog-islamkristen.blogspot.com/
http://dialog-islamkristen.blogspot.com/2015/03/kabah-hajar-aswad-adalah-berhala.html
true
8266884068813015914
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy