Ismail Atau Ishak Yang Dikorbankan Ibrahim?

Kali ini staff Isa dan Islam membahas sebuah tulisan yang sebenarnya sudah cukup basi untuk diangkat. Karena sudah bertahun-tahun yang lal...

Kali ini staff Isa dan Islam membahas sebuah tulisan yang sebenarnya sudah cukup basi untuk diangkat. Karena sudah bertahun-tahun yang lalu persoalan ini sudah clear. Sayangnya mungkin Staff IDI sudah tidak memiliki modal bahasan yang baru sehingga yang lama diangkat kembali. Pembahasan itu adalah Soal Ismail atau Ishaq yang dikorbankan Ibrahim. Kita semua bisa menebak dapat dipastikan Staff ISa dan islam akan menyerang Al-Qur'an lalu mengangkat Alkitab lalu mengaitkannya dengan pengorbanan Yesus. 

Siapakah nama anak yang dikorbankan Ibrahim?  Kristen percaya bahwa dia adalah Ishak. Sebaliknya, Islam menyakini bahwa dia adalah Ismail. Agar iman kita tidak salah, penting untuk menyelidiki kesaksian-kesaksian terpercaya yang lebih tua dari Al-Quran.

Kesaksian Al-Quran

Qs 37:99-l13 tidak menjelaskan bahwa Ibrahim mengorbankan Ismail. Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya)” (Qs 37: 103).  Al-Quran tidak menyebutkan nama “anak itu.” Inilah yang membuat para ahli sejarah Islam bingung dan berbeda pendapat.

Kesaksian Tokoh Muslim

Beberapa tokoh Muslim mengakui pengorbanan Ishak.
Shaykh Hamza Yusuf, misalnya, menyatakan“… Mayoritas scholar [sarjana] abad-abad terakhir mengatakan bahwa ia adalah Ismail, namun banyak dari scholar [sarjana] abad-abad terdahulu mengatakan ia adalah Ishak….”
Dengan sangat yakin, Al-Tabari menegaskan bahwa Ibrahim mengorbankan Ishak, bukannya Ismail. Katanya, “…beberapa mengatakan Ishak, sementara yang lain mengatakan Ismael. Kedua pendapat … berasal dari Rasulullah …, Al-Quran menyebutkan nama Ishak yang lebih bisa terima sebagai anak yang dikorbankan.”

Kesaksian Taurat dan Injil Allah

Taurat Allah - penulisannya sekitar tahun 1450 sebelum Masehi - dengan tegas menyatakan bahwa Ibrahim mengorbankan Ishak. Firman Allah kepada Ibrahim, “Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak … persembahkanlah dia … di salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu” (Taurat, Kitab Kejadian 22:2).
Injil Allah juga menyaksikan “Karena iman maka Abraham … mempersembahkan Ishak…” (Injil, Surat Ibrani 11:17). “Bukankah Abraham …mempersembahkan Ishak, anaknya, atas mezbah?” (Injil, Surat Yakobus 2:21). Injil Allah lebih tua sekitar 600 tahun dari Al-Quran.

Kesaksian Targum

Targum adalah tradisi lisan dari kitab Taurat, Zabur (Mazmur) dan kitab nabi-nabi. Targum ini  lebih tua sekitar 300 tahun dari Al-Quran. Targum Pseudo-Jonathan dan Onkelos, mencatat “…Dia berkata, ambillah sekarang anakmu yang kamu kasihi Ishak … persembahkan dia … di atas salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu.”

Pengorbanan Ishak dan Isa Al-Masih

Jadi Ibrahim mengorbankan Ishak, anak perjanjian (Taurat, Kejadian 17:21). Umat Isa Al-Masih merasa pengorbanan Ishak yang diganti domba melambangkan pengorbanan Isa Al-Masih. Sebab pengorbanan domba untuk penebusan jiwa dilanjutkan oleh Musa, Daud, dan para nabi lainnya.
Injil Allah juga menggenapkan, Lihatlah Anak Domba Allah [Isa Al-Masih] yang menghapus dosa dunia“ (Injil, Rasul besar Yohanes 1:29 ). Melalui pengorbanan Isa Al-Masihlah, keturunan Ibrahim memberkati bangsa-bangsa dengan keselamatan (Kitab Taurat, Kejadian 22:18). Anda sendiri termasuk “bangsa-bangsa” yang diberkati dengan tawaran keselamatan kekal. Kunci, mempercayakan diri kepada Isa Al-Masih.
 Pembahasannya sudah clear sudah banyak dibahas oleh umat Islam. Tidak ada satupun umat Islam yang kebingungan soal siapa yang dikorbankan apakah Ismail atau Ishaq. Karena meskipun Al-Qur'an tidak menyebutkan nama, Al-Qur'an memberikan petunjuk melalui ciri-ciri,situasi, mengajak pembacanya untuk mempergunakan akal pikirannya dengan baik, dan mengajak manusia menggunakan hatinya dengan sungguh-sungguh. Maka meskipun tidak ada nama Ismail di ayat tersebut, Mayoritas ulama sepakat bahwa Ismail yang dikorbankan Ibrahim. Hanya sebagian kecil dari kalangan umat Islam yang berpendapat Ishaq yang dikorbankan. Dan apa yang dikutip Staff Isa dan Islam di atas soal Al-Qurthubi, dapat dipastikan keliru, karena Al-Qurthubi selalu mengutip banyak pendapat baik yang pro dan kontra. Dan dapat dipastikan ketika Al-Qurthubi mengutip pendapat yang mengatakan Ishaq yang dikorbankan dicatut menjadi perkataan al-Qurthubi. Karena sudah sangat biasa dan selalu, Staff IDI memelintir perkataan-perkataan baik dari Al-Qur'an, Hadits, bahkan Alkitab itu sendiri.

Alkitab pun Bersaksi bahwa Yang dikorbankan adalah ISMAIL
Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa pembahasan ini adalah pembahasan yang sudah sangat basi, karena memang sudah sering kali dibahas. Kesaksian Alkitab pun sangat jelas dan tegas menyatakan bahwa Ismael yang dikurbankan bukan Ishaq.

Hal ini dapat kita buktikan dengan pernyataan Alkitab yang menceritakan secara detail peristiwa tersebut.
Sumber www.muslimsays.com
Nabi Ibrahim dan Istrinya Sarah adalah dari bangsa yang sama, Sarah mempunyai budak bernama Hajar dari Mesir. Dalam pernikahannya dengan Sarah nabi Ibrahim belum dikaruniai anak padahal umur mereka sudah mencapai sekitar 80 tahun.

Akhirnya Sarah memutuskan agar Ibrahim menikahi budaknya yaitu Hajar.
"Adapun Sarai, isteri Abram itu, tidak beranak. Ia mempunyai seorang hamba perempuan, orang Mesir, Hagar namanya.
Berkatalah Sarai kepada Abram: “Engkau tahu, TUHAN tidak memberi aku melahirkan anak. Karena itu baiklah hampiri hambaku itu; mungkin oleh dialah aku dapat memperoleh seorang anak.” Dan Abram mendengarkan perkataan Sarai.
Jadi Sarai, isteri Abram itu, mengambil Hagar, hamba-nya, orang Mesir itu, — yakni ketika Abram telah sepuluh tahun tinggal di tanah Kanaan –, lalu memberikannya kepada Abram, suaminya, untuk menjadi isteri-nya." (Kejadian 16:1-3)

Bersama Hajar nabi Ibrahim mempunyai anak yang kemudian dinamainya Ismail, ketika itu nabi Ibrahim berumur 86 tahun :
Abram berumur delapan puluh enam tahun, ketika Hagar melahirkan Ismael baginya. (Kejadian 16:16)

Dan ketika nabi Ibrahim berumur 99 tahun, Allah SWT menjanjikan seorang anak lagi namun dari pihak Sarah :

“Ketika Abram berumur sembilan puluh sembilan tahun, maka TUHAN menampakkan diri kepada Abram” ( Kejadian 17:1)

Aku akan memberkatinya, dan dari padanya juga Aku akan memberikan kepadamu seorang anak laki-laki, bahkan Aku akan memberkatinya, sehingga ia menjadi ibu bangsa-bangsa; raja-raja bangsa-bangsa akan lahir dari padanya.”(Kejadian 17:16)

Dan setahun kemudian lahirlah anak dari Sarah yang diberi nama Ishaq, dua tahun ke-mudian nabi Ibrahim mengadakan perjamuan besar untuk menyapih Ishak, sehingga ketika Ishaq berumur 2 tahun Ismail berumur 16 tahun, namun Sarab berubah pikiran setelah mempunyai anak, ia menyuruh nabi Ibrahim untuk mengusir Hajar dan Ismail dari rumah-nya, maka Hajar dan Ismail meninggalkan rumah Sarah.

Setelah itu Allah berfirman kepada nabi Ibrahim :
Firman-Nya: “Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishaq, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu.” (Kejadian 22:2)
Dalam ayat tersebut dikisahkan secara jelas dan gamblang bahwa Bible mengisahkan Ishaqlah yang dikorbankan untuk disembelih bukan Ismail.


BENARKAH KISAH BIBLE

Satu-satunya dasar bagi orang-orang Yahudi dan Kristen mengimani Ishaq yang dikorbankan adalah penyebutan nama Ishaq dalam kitab mereka yaitu dalam Kejadian 22:2.
“Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishaq” . (Kejadian 22:2)
Setelah dikaji, kalimat “ yakni Ishaq” dalam ayat tersebut mempunyai kejanggalan yang teramat serius, alasannya :
Pertama : kalimat “yakni Ishaq” pada susunan tersebut adalah mubazir, karena kalimat tersebut telah sempurna justru bila tanpa “yakni Ishaq” :
Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi,

Dengan susunan tersebut tentu nabi Ibrahim sudah paham siapa yang disebut sebagai anak tunggal yang dikasihinya. Apa mungkin seorang ayah tidak tahu siapa anak tunggalnya?

Kedua : Kalimat “yakni Ishaq”  kontradiksi dengan kalimat sebelumnya yang menyatakan :
Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi

Karena ketika itu, Ismail telah lebih dahulu lahir sebagai anak nabi Ibrahim, penyebutan Ishaq sebagai anak tunggal dalam ayat tersebut tidak sesuai dengan sejarah dan itu berarti mengingkari Ismail sebagai anak sah Ibrahim.

"Inilah keturunan Ismael, anak Abraham, yang telah dilahirkan baginya oleh Hagar, perempuan Mesir, hamba Sara itu." (Kejadian 25:12)

Tentu saja menyebut Ishaq sebagai anak tunggal berarti mengingkari Ismail sebagai anak Ibrahim, mengingkari Ismail sebagai anak Ibrahim berarti mengingkari ayat-ayat dalam Bible itu sendiri.


ISHAQ ANAK TUNGGAL ?

Firman-Nya: “Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi” (Kejadian 22:2)

Siapakah anak tunggal yang dimaksud dalam ayat tersebut bila bukan Ishaq ?

Ibrahim hanya mempunyai dua orang anak, yaitu Ismail dan Ishaq, Ishaq bisa disebut sebagai anak tunggal bila Ismail sebagai anak per-tama telah meninggal, tetapi kenyataannya Is-mail belum meninggal. Ismail bisa disebut se-bagai anak tunggal bila Ishaq belum lahir, keadaan yang kedua inilah yang paling mungkin.

Al-Qur’an mengisyaratkan bahwa peristiwa perintah penyembelihan terhadap Ismail adalah sebelum Allah  memberikan kabar gembira yang kedua kalinya kepada nabi Ibrahim akan lahirnya seorang anak lagi yaitu Ishaq, seperti disebutkan dalam QS. 37:101-11.

Al-Qur’an menyatakan bahwa :
“Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, , Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu” (QS.As-Shaffat:102)

Yang dimaksud pada umur sanggup adalah ketika seseorang sudah bisa untuk mencari kayu bakar, mengembala kambing, mencari air dan lain-lain, dan ketika Ismail mencapai pada umur sanggup Ishaq belumlah lahir, jadi ketika itu Ismail adalah anak tunggal nabi Ibrahim.

Penyebutan  “yakni Ishaq” dalam kejadian 22:2 membuat fakta-fakta yang ada menjadi berantakan, ayat-ayat dalam Bible yang berhubungan dengan Ismail dan Ishaq menjadi banyak yang kontradiksi, Ishaq yang bukan anak tunggal disebut sebagai anak tunggal, Ismail yang anak sah nabi Ibrahim harus diingkari. Untuk mengingkari Ismail sebagai anak sah nabi Ibrahim, harus diingkari pula bahwa Hajar bukan istri sahnya, seperti ayat berikut ini :

“Berkatalah Sara kepada Abraham: “Usirlah hamba perempuan itu beserta anaknya, sebab anak hamba ini tidak akan menjadi ahli waris bersama-sama dengan anakku Ishak.” (Kejadian 21:10)
Bukankah ayat itu menyangkal Hajar dan Ismail sebagi istri dan anak nabi Ibrahim ?
 
Ismael Bukan Anak Perjanjian?
Salah satu argumen yang sering dilontarkan pihak kristen untuk menolak fakta bahwa Ismael yang dikurbankan adalah menyatakan bahwa Ismael bukanlah anak Perjanjian Tuhan. Anak perjanjian Tuhan adalah Ishaq bukan Ismael. Anggapan ini didasari pernyataan dalam kitab kejadian saat perjanjian antara Tuhan dengan Abraham yang menyebut Ishaq sebagai anak perjanjian. Padahal sesungguhnya ayat tersebut adalah ayat yang sudah didistorsi.
Sumber Musliminews.blogspot.com
Salah satunya adalah anak Perjanjian yang disebut-sebut adalah ISHAQ anak SARA. yang ternyata sebenarnya adalah ISMAEL anak HAGAR.

Kita dengan sangat mudah mengetahuai distorsinya pada ayat berikut ini:

 Kejadian 17:19
Tetapi Allah berfirman: "Tidak, melainkan isterimu Saralah yang akan melahirkan anak laki-laki bagimu, dan engkau akan menamai dia Ishak, dan Aku akan mengadakan perjanjian-Ku dengan dia menjadi perjanjian yang kekal untuk keturunannya.

Catat baik-Baik:

Di ayat ini ditegaskan bahwa yang menjadi ANAK PERJANJIAN adalah ISHAQ, dari Sara. yang akan menjadi Perjanjian KEKAL untuk Keturunanya.


(20) Tentang Ismael, Aku telah mendengarkan permintaanmu; ia akan Kuberkati, Kubuat beranak cucu dan sangat banyak; ia akan memperanakkan dua belas raja, dan Aku akan membuatnya menjadi bangsa yang besar.

Nah Catat baik-baik Pula:

Ismael DIberkati, beranak cucu yang banyak, akan memeranakan Dua belas raja, dan menjadi bangsa yang besar.


coba kita baca Perjanjian Abraham dengan TUhan seperti apa bunyinya...


Kejadian 17

1) Ketika Abram berumur sembilan puluh sembilan tahun, maka TUHAN menampakkan diri kepada Abram dan berfirman kepadanya: "Akulah Allah Yang Mahakuasa, hiduplah di hadapan-Ku dengan tidak bercela.
(2) Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau, dan Aku akan membuat engkau sangat banyak."
(3) Lalu sujudlah Abram, dan Allah berfirman kepadanya:
(4) Dari pihak-Ku, inilah perjanjian-Ku dengan engkau: Engkau akan menjadi bapa sejumlah besar bangsa.
(5) Karena itu namamu bukan lagi Abram, melainkan Abraham, karena engkau telah Kutetapkan menjadi bapa sejumlah besar bangsa.
(6) Aku akan membuat engkau beranak cucu sangat banyak; engkau akan Kubuat menjadi bangsa-bangsa, dan dari padamu akan berasal raja-raja.
(7) Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau serta keturunanmu turun-temurun menjadi perjanjian yang kekal, supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu.
(8) Kepadamu dan kepada keturunanmu akan Kuberikan negeri ini yang kaudiami sebagai orang asing, yakni seluruh tanah Kanaan akan Kuberikan menjadi milikmu untuk selama-lamanya; dan Aku akan menjadi Allah mereka."


Nah catat baik-baik:

AYAT 4. Abraham akan jadi bapak bangsa-bangsa..

ayat 5-6 keturunan abraham akan menjadi sangat banyak...

ayat 6 keturuannya akan jadi raja-raja, bangsa yang besar..


nah ketika kembali pada catatan di atas. tentang Ismael Di ayat 20

(20) Tentang Ismael, Aku telah mendengarkan permintaanmu; ia akan Kuberkati, Kubuat beranak cucu dan sangat banyak; ia akan memperanakkan dua belas raja, dan Aku akan membuatnya menjadi bangsa yang besar.

baca catatanya, Ismael akan diberkati, dibuat beranak cucu yang sangat banyak, dan memperanakan dua belas raja dan menjadi bangsa yang besar

Nah siapa lagi kalau BUKAN ISMAEL lah yang menjadi ANAK PERJANJIAN..
anak Abraham yang disebutkan TUHAN akan menjadi bangsa besar, diberkati, memperanakan kedua belas raja, menjadi bangsa yang banyak.


Nah sudah puas? OH Belum.. Lanjut lagi distorsi yang sangat ketahuan belangnya.

 15. Selanjutnya Allah berfirman kepada Abraham: "Tentang isterimu Sarai, janganlah engkau menyebut dia lagi Sarai, tetapi Sara, itulah namanya.
16. Aku akan memberkatinya, dan dari padanya juga Aku akan memberikan kepadamu seorang anak laki-laki, bahkan Aku akan memberkatinya, sehingga ia menjadi ibu bangsa-bangsa; raja-raja bangsa-bangsa akan lahir dari padanya."


Nah Catat ini, disini Penulis Alkitab mendistorsi bahwa Sara akan menjadi Ibu bagi bangsa-bangsa, ibu dari raja-raja bangsa-bangsa.

Bukannya Yang dinubuatkan diayat selanjutnya yang akan menjadi bapak bangsa-bangsa, memperanakan raja-raja adalah ISMAEL, Kenapa SARA yang jadi IBUNYA?

Distorsi yang amburadul, ketahuan belangnya.

Kesimpulannya kita bisa menilai dengan jelas bahwa Benarlah firman Allah yang menyatakan bahwa Alkitab telah ditulis dan dirubah-rubah oleh tangan-tangan manusia yang tidak bertanggung jawab.
Semua itu tergambar dengan jelas dengan pembahasan di atas.  Sangat disayangkan sedikit sekali mereka mau berfikir dan menggunakan mata hati mereka untuk mencari kebenaran.

COMMENTS

BLOGGER: 3
Loading...
Name

Aksi Bela Islam,1,Al-Qur'an,15,Alkitab,15,Allah,3,Baka,1,Berita,3,Buktidansaksi.com,1,Dialog,22,Facebook,6,Fir'aun,1,Hijab,1,Ibadah,1,IsadanAlfatihah.com,1,IsadanAlquran.com,7,Isadanislam.com,4,Islam Menjawab,77,Ismael,1,Kristologi,42,Mekah,1,Muallaf,16,Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi Wa sallam,6,Natal,1,News,8,Paulus,4,Perbudakan,1,Safiyyah,1,Saulus,1,Sejarah,5,Twitter,1,Wanita,1,Yesus,9,
ltr
item
Dialog Damai Islam Kristen: Ismail Atau Ishak Yang Dikorbankan Ibrahim?
Ismail Atau Ishak Yang Dikorbankan Ibrahim?
Dialog Damai Islam Kristen
http://dialog-islamkristen.blogspot.com/2015/10/ismail-atau-ishak-yang-dikorbankan.html
http://dialog-islamkristen.blogspot.com/
http://dialog-islamkristen.blogspot.com/
http://dialog-islamkristen.blogspot.com/2015/10/ismail-atau-ishak-yang-dikorbankan.html
true
8266884068813015914
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy