Makna Penggalan Huruf Hijaiyah Di Awal Surat dan Hikmahnya

Arti makna tafsir huruf di awal surah ayat al-Quran alif lam mim nun waw ra kaf ha ya 'ain shad

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
 
Tafsir al-Qur'an Surah al-Baqarah ayat 1*
Surah al-Baqarah dimulai dengan penyebutan secara terpisah tiga huruf dari alphabet bahasa Arab: Alif, Lam dan Mim.
 
Apa maknanya ?
Sejak dahulu hingga kini ulama-ulama al-Qur'an berbeda pendapat, ada yang memahaminya sebagai nama sebuah surah, atau cara yang digunakan Allah untuk menarik perhatian pendengar tentang apa yang akan dikemukakan pada ayat-ayat berikutnya, ada lagi yang memahami huruf-huruf yang menjadi pembukan surah-surah al-Qur'an sebagai tantangan kepada yang meragukan al-Qur'an. Seakan-akan tantangan tersebut berbunyi: "Redaksi kitab suci ini terdiri dari huruf-huruf semacam huruf-huruf tersebut yang kamu juga mengetahuinya. Karena itu cobalah buat seumpama al-Qur'an dengan menggunakan huruf-huruf serupa. Kamu pasti tidak akan mampu, baik dari segi redaksi maupun kandungannya."
Allaahu a'lam. 


الٓمٓ
Alif laam miim [Q.S. Al-Baqarah: 1]
**********************************************************************


1. Termasuk Kelompok Mutasyabihat
Ayat penggalan huruf hijaiyyah ini dimasukkan dalam kategori ayat mutasyabihat (mengandung beberapa pengertian, sulit dipahami maknanya atau hanya Allah saja yang mengetahuinya).
Mutasyabihat berasal dari kata yang bermakna "serupa." Bila ada sesuatu yang serupa dengan yang lain, maka ia mutasyabih.
Muhammad bin Ishaq bin Yasar berkata: "Di dalamnya berisi hujjah Allah, pedoman bagi para hamba, dan menolak bantahan yang bathil. Ayat-ayat ini berisikah hal-hal yang harus diyakini, dimungkinkan padanya untuk diuraikan, diubah bahkan ditakwil. Allah menguji para hamba-Nya dengan ayat-ayat tersebut sebagaimana Dia menguji mereka dalam masalah halal dan haram. Ayat tersebut tidak boleh dibawa kepada makna yang bathil dan tidak boleh diselewengkan dari kebenaran. Sebagaimana firman Allah Ta'ala:
هُوَ ٱلَّذِىٓ أَنزَلَ عَلَيۡكَ ٱلۡكِتَـٰبَ مِنۡهُ ءَايَـٰتٌ۬ مُّحۡكَمَـٰتٌ هُنَّ أُمُّ ٱلۡكِتَـٰبِ وَأُخَرُ مُتَشَـٰبِهَـٰتٌ۬‌ۖ فَأَمَّا ٱلَّذِينَ فِى قُلُوبِهِمۡ زَيۡغٌ۬ فَيَتَّبِعُونَ مَا تَشَـٰبَهَ مِنۡهُ ٱبۡتِغَآءَ ٱلۡفِتۡنَةِ وَٱبۡتِغَآءَ تَأۡوِيلِهِۦ‌ۗ وَمَا يَعۡلَمُ تَأۡوِيلَهُ ۥۤ إِلَّا ٱللَّهُ‌ۗ وَٱلرَّٲسِخُونَ فِى ٱلۡعِلۡمِ يَقُولُونَ ءَامَنَّا بِهِۦ كُلٌّ۬ مِّنۡ عِندِ رَبِّنَا‌ۗ وَمَا يَذَّكَّرُ إِلَّآ أُوْلُواْ ٱلۡأَلۡبَـٰبِ
Dia-lah yang menurunkan Al Kitab [Al Qur’an] kepada kamu. Di antara [isi]nya ada ayat-ayat yang muhkamaat  itulah pokok-pokok isi Al Qur’an dan yang lain [ayat-ayat] mutasyaabihaat . Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong kepada kesesatan, maka mereka mengikuti sebagian ayat-ayat yang mutasyabihat untuk menimbulkan fitnah dan untuk mencari-cari ta’wilnya, padahal tidak ada yang mengetahui ta’wilnya melainkan Allah. Dan orang-orang yang mendalam ilmunya berkata: "Kami beriman kepada ayat-ayat yang mutasyabihat, semuanya itu dari sisi Tuhan kami." Dan tidak dapat mengambil pelajaran [daripadanya] melainkan orang-orang yang berakal. (Q.S. Ali-Imran: 7).

2. Pendapat Para Ulama Tafsir

    Penggalan huruf-huruf yang terdapat pada awal beberapa surat adalah huruf-huruf yang hanya Allah saja yang tahu maksudnya. Pendapat seperti ini juga diriwayatkan oleh Abu Bakar, Umar, Utsman, Ali, Ibnu Mas'ud r.a.
    Ada yang mengatakan bahwa huruf-huruf itu adalah nama-nama surat al-Qur'an; ada juga yang mengatakan bahwa itu adalah huruf-huruf pembuka yang dengannya Allah membuka al-Qur'an.
    Ibnu Abbas mengatakan bahwa diantara penafsiran yang sesat ialah orang yang menafsirkan حم dan عسق dengan ح = Perang antara Ali dan Mu'awiyah, م=Wilayah al-Mirwaniyah,  ع=Wilayah 'Abasiyah,  س=wilayah Sofyaniyah, dan   ق=Qudwah Mahdi.
    Khasif meriwayatkan dari Mujahid ia mengatakan: "Pembuka seluruh surat-surat al-Qur'an ialah طسم ، حم، ص، ق dan آلر dan huruf-huruf hijaiyah lainnya. Sebagian ahli bahasa Arab mengatakan: "Ia adalah huruf-huruf mu'jam. Allah mencukupkan menyebut sebagian darinya dan tidak menyebutkan selebihnya yang seluruhnya berjumlah 28 huruf, sebagaimana seseorang mengatakan: 'Anakku dapat menulis huruf  ..... ا، ب، ت، ث " artinya, anak tersebut bisa menulis 28 huruf-huruf hijaiyyah, hanya saja ia menyebutkan sebagian saja." Demikianlah yang diberitakan oleh Ibnu Jarir [1].
    Ibnu Katsir mengatakan bahwa jumlah keseluruhan huruf-huruf yang disebutkan di awal surat dengan tidak menghitung  huruf yang disebutkan lebih dari satu kali (tanpa pengulangan-pen.) adalah 14 huruf, yaitu: ا، ل، م، ص، ر، ك، ه، ي، ع، ط، س، ح، ق، ن    Semua huruf-huruf itu dapat dikumpulkan dalam sebuah kalimat : نص حكيم قاطع له سر (nashshun hakiimun qaati'un lahuu sirrun) yang artinya: Teks mulia yang bersifat pasti dan memiliki rahasia.

3. Hikmah Adanya Penggalan Huruf Hijaiyyah.

    Menunjukkan mu'jizat al-Quran dan menjelaskan bahwa makhluk tidak bisa membuat tandingannya. Padahal ia hanyalah rangkaian dari penggalan huruf-huruf yang biasa mereka gunakan dalam percakapan sehari-hari.(Madzab ini telah disampaikan oleh ar-Razi dalam tafsirnya dari al-Mubarrid dan sejumlah ahli tahqiq). Al-Qurthubi mernghikayatkan dari al-Fara' dan Qathrb yang semakna dengan madzhab di atas. Dan pendapat ini didukung oleh az-Zamakhsyari dalam kitab al-Kasysyafnya dan ia mendukung penuh pendapat ini. Dan pendapat inilah yang dipilih oleh Syaikhul Islam Abul 'Abbas Ibnu Taimiyah dan al-Hafizh al-Mujahid Abul Hajjaj al-Mizzi.
    Huruf-huru tersebut tidak disebutkan keseluruhannya di awal al-Qur'an, namun penyebutannya diulang-ulang untuk menguatkan tantangan dan ketidakmampuan manusia menyainginya. Sebagaimana halnya beberapa kisah yang penyebutannua diulang-ulang. Dan telah diulang-ulang juga tantangan dari Allah secara terang-terangan dalam banyak ayat. Ada yang disebutkan satu huruf saja, misalnya: ص، ن، ق , ada yang disebutkan 2 huruf seperti: حم , ada yang disebutkan 3 huruf seperti: آلم , ada yang 4 huruf seperti:المر dan المص, ada yang 5 huruf seperti كهيعص  dan حم عسق . Karena demikianlah uslub (metode) bahasa Arab dalam pembentukan kalimat. Ada yang 1 huruf, 2, 3, 4, dan 5, tidak ada yang lebih dari itu. (Az-Zamakhsyari).
    Setiap surat yang dibuka dengan huruf-huruf ini pasti disebutkan di dalamnya kemenangan al-Qur'an dan penjelasan tentang kehebatan dan kebesarannya. Hal itu dapat diketahui melalui penelitian. Itulah yang ditemui dalam 29 surat. Misalnya:

الٓمٓ - ذَٲلِكَ ٱلۡڪِتَـٰبُ لَا رَيۡبَ‌ۛ فِيهِ‌ۛ هُدً۬ى لِّلۡمُتَّقِينَ
Alif laam miim (1) Kitab  [Al Qur’an] ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa (2) [Q.S. Al-Baqarah: 1-2].
الٓمٓ (١) ٱللَّهُ لَآ إِلَـٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلۡحَىُّ ٱلۡقَيُّومُ (٢) نَزَّلَ عَلَيۡكَ ٱلۡكِتَـٰبَ بِٱلۡحَقِّ مُصَدِّقً۬ا لِّمَا بَيۡنَ يَدَيۡهِ وَأَنزَلَ ٱلتَّوۡرَٮٰةَ وَٱلۡإِنجِيلَ (٣
Alif laam miim. (1) Allah, tidak ada Tuhan [yang berhak disembah] melainkan Dia. Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya (2) Dia menurunkan Al Kitab [Al Qur’an] kepadamu dengan sebenarnya; membenarkan kitab yang telah diturunkan sebelumnya dan menurunkan Taurat dan Injil, (3)[Q.S. Ali-Imran: 1-3].
الٓمٓصٓ (١) كِتَـٰبٌ أُنزِلَ إِلَيۡكَ فَلَا يَكُن فِى صَدۡرِكَ حَرَجٌ۬ مِّنۡهُ لِتُنذِرَ بِهِۦ وَذِكۡرَىٰ لِلۡمُؤۡمِنِينَ (٢
Alif laam miim shaad (1) Ini adalah sebuah kitab yang diturunkan kepadamu, maka janganlah ada kesempitan di dalam dadamu karenanya, supaya kamu memberi peringatan dengan kitab itu [kepada orang kafir], dan menjadi pelajaran bagi orang-orang yang beriman. (2) [Q.S. al-A'raf: 1-2].
الٓر‌ۚ ڪِتَـٰبٌ أَنزَلۡنَـٰهُ إِلَيۡكَ لِتُخۡرِجَ ٱلنَّاسَ مِنَ ٱلظُّلُمَـٰتِ إِلَى ٱلنُّورِ بِإِذۡنِ رَبِّهِمۡ إِلَىٰ صِرَٲطِ ٱلۡعَزِيزِ ٱلۡحَمِيدِ
Alif laam raa. [Ini adalah] Kitab yang Kami turunkan kepadamu supaya kamu mengeluarkan manusia dari gelap gulita kepada cahaya terang benderang dengan izin Tuhan mereka, [yaitu] menuju jalan Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji. (Q.S. Ibrahim: 1).
حمٓ (١) تَنزِيلٌ۬ مِّنَ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ (٢
Haa Miim (1) Diturunkan dari Tuhan Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. (2)[Q.S. Fushshilat: 1-2].
Dan ayat-ayat lain yang menunjukkan kebenaran pendapat para ulama tersebut bagi siapa saja yang mau menelitinya.
Sebarkan !!! insyaallah bermanfaat.
                      ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﺃَﺗُﻮْﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚ       
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”
 
Penelitian Dr. Rasyad Khalifah Terhadap Huruf-Huruf di awal Surah di Era Modern
Penelitian dilakukan oleh Cendekiawan Mesir yang tinggal di Amerika, Dr. Rasyad Khalifah, yang mengarang buku ‘’ Miracle of the Qur’an’’ yang diterbitkan oleh Islamic Productions International in St.Louis mo.1997

1. Surat AR RA’D dimulai dengan huruf ALIF  LAM  MIM  RA.
Komputer telah mengitung jumlah tiap huruf tersebut sebagai berikut :
ALIF   berjumlah     625 huruf
LAM   berjumlah     479 huruf
MIM   berjumlah     260 huruf
RA     berjumlah     137 huruf

Urutannya adalah : Alif, Lam, mim kemudian Ra turun dengan teratur sesuai dengan urutan yang ada dalam kata Alim Lam Mim Ra dan jumlah hurufnya lebih banyak dari huruf-huruf yang lain. subhanallah…
2. Hal yang sama juga terdapat pada kata ALIF LAM MIM yang terdapat dalam surah AL BAQARAH, sbb :
ALIF berjumlah   4592  huruf
LAM berjumlah   3204  huruf
MIM berjumlah    2195  huruf
Sesuai dengan urutan huruf yang ada dalam kata Aif Lam Mim, Komputer menyebutkan bahwa ketiga huruf tersebut lebih banyak jumlahnya bila dibandingkan dengan huruf-huruf lain dalam Surah Al Baqarah.
3. Begitu juga ALIF LAM MIM dalam surah ALI IMRAN

ALIF  berjumlah  2578  huruf
LAM  berjumlah  1885  huruf
MIM  berjumlah   1251  huruf
Huruf-huruf Alif Lam Mim turun dengan teratur dan jumlah hurufnya lebih banyak dari huruf-huruf yang lain.
4. Begitu juga huruf ALIF LAM MIM dalam surah AL ANKAABUT
ALIF  berjumlah   784  huruf
LAM  berjumlah   554  huruf
MIM   berjumlah  344   huruf
Huruf-huruf alif lam mim turun dengan teratur dan jumlah hurufnya lebih banyak dari huruf-huruf lain.
5. Begitu juga ALIF LAM MIM pada surah AR RUUM
ALIF berjumlah 548 huruf
LAM berjumlah 396 huruf
MIM berjumlah 317 huruf
Huruf-huruf alif lam mim turun dengan teratur dan jumlah hurufnya lebih banyak dari huruf-huruf lain.
Dalam semua surah yang dimulai dengan Alif Lam Mim, kita mendapatkan bahwa huru-huruf tersebut lebih banyak dari huruf-huruf yang lain dalam surah yang sama.
6. Begitu juga dalam ALIF LAM MIM SAD pada surat AL ‘ARAAF
Komputer mengitung bahwa jumlah huruf-huruf tersebut lebih banyak dibanding huruf-huruf lainnya pada surah AL ‘ARAAF.
7. Dalam surat THAAHAA juga huruf  TA dan HA jumlahnya lebih banyak dari huruf-huruf lainnya dalam surah lainnya.
8. Huruf-huruf KAF HA YA ‘AIN SAD dalam Surah YUSUF lebih banyak disbanding dengan huruf-huruf dalam surat lainnya.
9. Huruf SAD dalam surah SAD dan surah AL ‘ARAAF yaitu dimulai dengan huruf ALIF LAM MIM SAD, huruf-huruf kedua surah tersebut turun secara berurutan. Jika jumlah huruf SAD dari kedua ayat tersebut dijumlahkan maka jumlahnya lebih banyak dari huruf-huruf lain pada surah-surah yang lain.
10. Surah-surah yang dimulai dgn ALIF LAM RA yaitu surah IBRAHIM, YUNUS,HUUD,YUSUF dan AL HIJR.
Dalam sejarah turunnya wahyu , empat surah diantaranya turun secara berurutan. Jika digabung ketiga huruf-huruf tersebut maka jumlahnya lebih banyak disbanding dengan huruf-huruf lain dalam surah-surah makiyyah lainnya.
11. Sedangkan dalam surah YAASIIN, kita akan mendapatkan bahwa buktinya ada tetapi terbalik, karena susunan hurufnya terbalik, yaitu huruf YA pada awal surah YAASIIN tidak sesuai dengan urutan abjad hijaiyyah.Oleh karenanya, kita dapatkan bahwa jumlah huruf YA dan SIN dalam surah YAASIIN lebih sedikit dibandingkan dengan surah-surah makiyyah maupun madaniyyah. Bukti penghitungannya ada, tetapi terbalik ( Bukan lebih banyak tetapi lebih sedikit ).
Masalah ini adalah bukanlah terjadi secara kebetulan, kita mendapatkan bahwa Al Qur’an memiliki huruf-huruf yang telah dihitung dan setiap huruf ditempatkan seimbang.

Perhatikan surat ASY SYUURA 17 :
Allah-lah yang menurunkan kitab dengan (membawa) kebenaran dan (menurunkan) neraca(keadilan). Dan tahukah kamu, boleh jadi hari kiamat itu (sudah) dekat?
Apa maksud dari Kitab yang berisi Kebenaran dan Neraca itu ?
Bahwa Al Qur’an adalah benar-benar firman Allah yang berisi pedoman hidup yang benar tidak ada satupun kesalahan, serta kita berhadapan kepada neraca keadilan yang menimbang sangat teliti, dan tidak ada satupun yang terlewatkan dari pengawasan Allah swt.
Seandainya kita tahu bahwa Al Qur’an diturunkan terpisah-pisah selama 23 tahun, maka kita akan yakin bahwa jumlah huruf-huruf yang seimbang tersebut mustahil di dapat melalui karangan atau rekaan Muhammad saw.Hal tersebut yang bisa melakukan tidak lain hanyalah Allah swt yang maha mengetahui segala sesuatu , yang mampu menghitung lebih cepat dan tepat dibandingkan dengan computer manapun. Huruf-huruf yang terdapat dalam masing-masing awal surah adalah ilmu Allah yang Dia tempatkan dalam berbagai surah, agar kita dapat menggali dan belajar atas ilmu dan rahasia Allah sepanjang jaman.

FUSHSHILAT 41 : 53
Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al Qur'an itu adalah benar. Dan apakah Tuhanmu tidak cukup (bagi kamu) bahwa sesungguhnya Dia menyaksikan segala sesuatu?
Semua ini adalah sebagian kecil bukti dari rahasia Allah, tak seorangpun yang tahu sampai kapan kita akan mencapainya.
Bukti ini akan menolak anggapan bahwa Al Qur’an dalaha karangan Manusia. Huruf-huruf tersebut juga memperlihatkan neraca yang tepat dan bukti yang kuat pada setiap huruf.

Sumber:
Tafsir Ibnu Katsir jilid I hal. 110-113, Syaikh Syafiyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir.
***
[1]. Al-Majma' (VI/180)

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Name

Aksi Bela Islam,1,Al-Qur'an,15,Alkitab,15,Allah,3,Baka,1,Berita,3,Buktidansaksi.com,1,Dialog,22,Facebook,6,Fir'aun,1,Hijab,1,Ibadah,1,IsadanAlfatihah.com,1,IsadanAlquran.com,7,Isadanislam.com,4,Islam Menjawab,77,Ismael,1,Kristologi,42,Mekah,1,Muallaf,16,Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi Wa sallam,6,Natal,1,News,8,Paulus,4,Perbudakan,1,Safiyyah,1,Saulus,1,Sejarah,5,Twitter,1,Wanita,1,Yesus,9,
ltr
item
Dialog Damai Islam Kristen: Makna Penggalan Huruf Hijaiyah Di Awal Surat dan Hikmahnya
Makna Penggalan Huruf Hijaiyah Di Awal Surat dan Hikmahnya
Arti makna tafsir huruf di awal surah ayat al-Quran alif lam mim nun waw ra kaf ha ya 'ain shad
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEibmXKAgc0IdR0P_JNkZVeqfqWtfte7LGx6ZcG-AMgUf_deBotw3CFeM1t3pJX58ZeOJvitwUwspZ-n-Ud7V0MAADlm35rtQbUM53qy_YUMvGxPyapBARuS4zAkTIlvgoPkqfjuhld1R7w/s320/aliflammim.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEibmXKAgc0IdR0P_JNkZVeqfqWtfte7LGx6ZcG-AMgUf_deBotw3CFeM1t3pJX58ZeOJvitwUwspZ-n-Ud7V0MAADlm35rtQbUM53qy_YUMvGxPyapBARuS4zAkTIlvgoPkqfjuhld1R7w/s72-c/aliflammim.JPG
Dialog Damai Islam Kristen
http://dialog-islamkristen.blogspot.com/2017/04/makna-penggalan-huruf-hijaiyah-di-awal-surat-dan-hikmahnya.html
http://dialog-islamkristen.blogspot.com/
http://dialog-islamkristen.blogspot.com/
http://dialog-islamkristen.blogspot.com/2017/04/makna-penggalan-huruf-hijaiyah-di-awal-surat-dan-hikmahnya.html
true
8266884068813015914
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy